Hapus Data Spotify Agar Beban Ponsel Lebih Ringan

Hapus Data Spotify Agar Beban Ponsel Lebih Ringan

01 Juni 2019

Hapus Data Spotify Agar Beban Ponsel Lebih Ringan


Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat berbagai kemudahan kemudian bisa kita nikmati.

Spotify

Salah satu teknologi yang saat ini berkembang dengan sangat cepat adalah teknologi ponsel pintar atau smartphone.

Setiap waktu selalu saja ada inovasi baru bermunculan baik itu dari sisi perangkat keras ataupun perangkat lunak yang semakin canggih.

Jikalau dahulu kita mengenal sistem operasi Symbian dari Nokia sebagai sistem operasi terbaik pada saat itu, sekarang ini ada Android sebagai pengganti menggeser singgasana pendahulunya dan dipakai oleh hampir kebanyakan pembuat Smartphone.

Dengan adanya sistem android yang bersifat open source atau terbuka, alias masih bisa dikembangkan oleh siapa pun, menjadi pionir lahirnya berbagai aplikasi pendukung yang hadir dari mulai misalnya game serta aplikasi android.

Terlepas dari itu semua, banyak sekali aplikasi yang bisa dijejalkan di ponsel berbasis android.

Mulai dari aplikasi sederhana hingga aplikasi yang membutuhkan memori cukup besar.

Salah satu aplikasi yang memakan penyimpanan cukup besar pada ponsel salah satu contohnya adalah aplikasi pemutar musik online bernama Spotify.

Selama kurang lebih 1 bulan saja memutar lagu lewat Spotify dengan intensitas yang cukup rutin, penyimpanan internal ponsel sudah menyantap kurang lebih 1,3 gb data yang bisa mengakibatkan kinerja ponsel menurun.

Akan tetapi, daripada kita harus menghapus aplikasi Spotify yang sangat berguna untuk memutar musik online dengan gratis via akses internet, mending lebih baik cukup menghapus data tersimpannya saja yang lumayan memberatkan.

Meskipun nantinya akan ada sedikit dampak seperti harus melakukan login ulang, namun tenang saja karena item tersimpan seperti playlist yang pernah kita buat atau lagu yang telah kita "save" di spotify tetap aman dan masih dapat diakses.

Selanjutnya, untuk menghapus data  yang tersimpan pada sistem penyimpanan aplikasi dengan tujuan untuk mengurangi beban penyimpanan internal ponsel, bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut :

1. Buka pengaturan.

Setting android

2. Geser layar ke bawah cari "Aplikasi" kemudian diklik.

Pengaturan aplikasi di android

3. Geser lagi layar ke bawah lalu cari aplikasi "Spotify" dan klik!

Spotify di pengaturan aplikasi android

4. Pilih "Penyimpanan".

Penyimpanan aplikasi spotify di pengaturan android

5. Klik "HAPUS DATA"!



Menghapus data penyimpanan di pengaturan android

6. Klik "HAPUS"!

Menghapus data spotify di pengaturan aplikasi android

Selesai.

Setelah data berhasil dihapus / dibersihkan, terlihat sebelumnya data tersimpan sebesar 1 gb lebih setelah dihapus yang tersisa tinggal kurang dari 100 mb.

Data spotify terhapus di pengaturan aplikasi android

Dengan terhapusnya data tersimpan dari aktivitas aplikasi spotify, tentunya akan mengurangi beban kerja ponsel dan membuat kinerjanya lebih baik.

bm

Pemilik, penulis, pengelola blog HasanShark.Com.