Cara Membuka / Mengekstrak File Rar di Android Menggunakan ZArchiver

Cara Membuka / Mengekstrak File Rar di Android Menggunakan ZArchiver

31 Mei 2019

Cara Membuka / Mengekstrak File Rar di Android Menggunakan ZArchiver


Artikel saya kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengekstrak file menggunakan ZArchiver untuk membuka file rar di android.

Tampilan aplikasi ZArchiver

Seperti diketahui, ZArchiver sendiri adalah aplikasi android yang memang diperuntukkan untuk membuka file – file yang dikompres biasanya berformat .rar, .7z, .gzip, etc.

Apa Itu File RAR ?


Sebelum ke pembahasan cara membuka file rar di android dengan aplikasi yang telah saya sebutkan di atas, terlebih dahulu saya akan membahas mengenai apa itu file rar ?

Sebagian besar dari kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan file berekstensi rar terutama jika kalian sering mendownload file – file berukuran besar di internet semisal software, game, kumpulan ebook, dan lain sebagainya yang biasanya di simpan dalam bentuk file rar.

RAR sendiri adalah singkatan dari Roshal Archive Compressed. Yaitu bisa dikatakan sebagai sebuah file folder untuk menyimpan berbagai jenis file baik itu berupa gambar, aplikasi, musik, dokumen, yang hanya dapat dibuka menggunakan aplikasi khusus alias untuk membukanya tidak dapat dilakukan secara langsung layaknya folder di komputer atau android.

Selain berguna untuk menyimpan banyak file dalam satu tempat, file rar juga memiliki kegunaan untuk memperkecil ukuran suatu file berukuran besar dengan cara mengkompresinya.

Maka dari itu, kebanyakan situs – situs downlod terutama yang biasa saya temui yaitu situs game untuk komputer membagikan file game berukuran besar dalam bentuk .zip, ekstensi lain dari file rar.

File rar ini juga bisa berguna ketika misalnya kita ingin berbagi banyak foto bersama teman, agar lebih mudah foto tersebut dikumpulkan terlebih dahulu dalam bentuk file rar.

Cara Mengekstrak File RAR


Lalu bagaimana cara membuka file rar di android ?

Jawabannya, membuka file rar di android bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi yang bisa kalian download lewat playstore salah satu aplikasi tersebut bernama ZArchiver.

Dan berikut adalah cara mengekstrak file menggunakan ZArchiver.

Sebelum kita bisa menggunakan aplikasi ZArchiver, terlebih dahulu unduh aplikasinya lewat playstore.

Aplikasi zarchiver di playstore android

Jika sudah berhasil terinstal, silakan buka ZArchiver untuk memulai.

ZArchiver ini bisa digunakan untuk membuka dan membuat folder arsip selain itu kalian juga bisa menambahkan password agar hanya kalian saja yang dapat melihat isi dari folder arsip yang telah kalian buat.

Untuk mengekstrak atau membuka file, kalian tinggal klik saja file yang hendak kalian buka lalu pilih ekstrak disini atau ekstrak ke ./<archive>/.

Mengekstak file menggunakan zarchiver

Keterangan :


  1. Ekstrak disini : membuka file tanpa memindahkan lokasi file di penyimpanan.
  2. Ekstrak ke ./<archive>/ : mengekstrak file dan memindahkan lokasi file yang telah dibuka ke folder lain di penyimpanan / memori.

Tunggu beberapa saat, sampai file berhasil diekstrak. Jika sudah, sekarang kalian bisa melihat file yang sudah dibuka tadi.

Mengarsipkan File Menggunakan ZArchiver


Selain dapat mengekstrak file yang di zip, ZArchiver juga bisa untuk mengkompresi file atau membuat file rar, caranya :

Mengarsipkan 1 file saja :

Klik file yang ingin diarsipkan, kemudian akan muncul layar seperti gambar dibawah. Silakan beri nama arsip yang akan dibuat, kemudian pilih format arsip bisa .7z atau .zip, bisa juga dikunci menggunakan password. Jika sudah, klik OK.
Mengkompres file di android



Mengarsipkan banyak file :

Klik tanda titik tiga di pojok kanan atas. Lalu klik Pilih Banyak.

Mengkompres banyak file menggunakan zarchiver

Sorot file yang ingin diarsipkan. Kemudian pilih centang di pojok kanan bawah. 

Memilih banyak file untuk diarsip di z archiver

Klik tanda panah ke bawah di pojok kanan bawah seperti gambar di bawah.

Menggunakan zarchiver di hp android

Tentukan nama file, password ( opsional ), jika sudah klik OK.

Mengkompres file di android menggunakan aplikasi zarchiver

Selesai.
bm

Pemilik, penulis, pengelola blog HasanShark.Com.